15 April 2015

Malaikat yang Terbuang

Malaikat yang Terbuang
Created by: Ibnu Sani Marlius

“Rahman,, kekantin yuk.” Ucap reza sambil menepuk bahu gw. “tunggu bentar za, nanggung ni” balas gw sambil melanjutkan tugas gw. “stop dulu aja, kan siap istirahat kita masih lanjut lagi belajar ini” kata reza mencoba memperdayai gw. “tunggu bentar aja, ini nanggung”  jawab gw melanjutkan pekerjaan gw tanpa  melihat kearah  reza. Tiba tiba reza mengambil buku tugas yang sedang gw kerjakan dan memasukkan nya kelaci. “udah ayok.” Celoteh reza. Gw pun nyerah, kalo udah urusan sama ni anak, pasti gw yang harus ngalah. Dan akhirnya gw mengikuti kemauan reza. Kitapun pergi kekantin untuk mengisi perut dijam istirahat pagi ini.
Reza adalah sahabat gw dari SMP, gw udah paham banget sifat sifatnya sireza, dia orangnya keras kepala, susah ditebak dan gak suka diatur atur. Dan kalo berurusan sama dia, kita mesti  sabar dan biasanya gw pasti ngalah sama dia. Dia selalu maksain kehendaknya. Kadang itu yang  bikin gw  risih, tapi menurut gw gak apa apa, itu udah sikap dia, dan gw sebagai sahabat yah harus ngelakuin yang terbaik buat sahabat gw.
Dijalan kekantin kita ketemu sama Diana  yang lagi ketawa cekikikan dibawa pohon beringin sama windi. “rahman, reza mau kemana ??” sapa diana. “kekantin, lu ikut gak?” jawab reza, gw dan reza berjalan menghampiri kedua anak itu. “ooo, gak ah, lu bedua lanjut aja dah, kita udah siap.” Kata diana. Gw sama reza kembali melanjutkan perjalanan kekantin. Dikantin kita beli beberapa gorengan dan teh gelas. Hahhaaah kita paling doyan banget minum teh gelas, sampe sampe Diana nyuruh kita bikin pabrik teh gelas. Hahahahah. Setelah perut cukup terisi kita segera meninggalkan kantin, soal nya kalo kelamaan dikantin tiba tiba kantong pasti kering.
“za,, tu diana sama windi lagi asik tu, kagetin yuk. Gw udah lama ni gak liat latahnya siwindi” ucap gw dengan  wajah jahat. Haha. “haha okok” jawab sireza yang kelakuannya lebih usil dari gw. sambil mengendap endap kita berjalan diantara rerimbunan bonsai ditaman depan kelas. Tiba tiba gw dikagetkan dengan teriakan sireza. “aaaaaaa..sakit sakit sakit..” reza berteriak sambil berlari keluar dari taman dan menggaruk garuk kakinya. Tentu saja rencana kita gagal, Diana dan windi kebingungan melihat reza yang sibuk menggaruk garuk kaki dan melepas sepatunya. Dengan kebingungan gw keluar dari taman dan mencoba mencari tau reza kenapa. “lu kenapa za??”tanya gw sambil mendekati reza. “ini.... gw digerogoti semut,, pakek masuk lagi kecelana gw.” jawab reza. Dia masih sibuk mengurusi semut semut yang menggigitinya. “hahhahaaha eh.. lu pada kurang kerjaan ya? Ngapain lu masuk ke sana, jalan gede, lu malah jalan ke taman”celoteh siwindi sambil ketawa. “haha niatnya kita mau ngagetin lu win, tapi noh sireza yang dihajar semut, gagal dah misi kita” gw menimpali. “hhahahaa rasain, lu mau berniat jahat sama ibu peri, kwalat kan” jawab windi. “lu malah ngombrol, bantuin gw dong” teriak reza yang masih sibuk dengan semut. “hahhaha gw bisa bantu apa  za, tu semut masuk celana lu, lu lepas aja celana lu. Hahhaahah” jawab gw.
Akhirnya setelah beberapa menit sibuk dengan semut semut yang menggigitinya, Reza pun merapikan kembali seragamnya yang tadi berantakan. Waktu istirahat masih tersisa beberapa menit, kita habiskan dengan bicara ngelantur sana sini dibawah sebatang pohon beringin yang merupakan tempat faforit kita disekolah. Semenjak pertama kali kami di SMA ini, pohon beringin ini merupakan tempat kegemaran kami berempat, gak cuma buat main, tapi kalo kita lagi rajin kita juga bikin  tugas disini. 
Hari ini gak kayak biasanya, karena  hari ini  kita gak fullday school, soalnya guru guru mau ada rapat. Jam 12.20 kita udah pulang. Gw, reza, diana sama windi bukannya pulang, kita malah  nongkrong  dibawah pohon beringin. Hahahaha “nanti aja pulang ya, gw gak ada kerjaan dirumah, males pulang jam segini” ucap diana sambil duduk dan meletakkan tasnya. “iya, gw juga” gw menimpali. “eh,, gw pengen mintak tolong sesuatu nih” ucap Reza. “tolong apaan  za.?bilang aja. Kita pasti  tolongin lu.” Jawab  gw dengan penasaran. “jadi  gini, lu tau gak sama intan, anak IPA 1.?” Ucap reza membuka percakapan. Gw agak sedikit kaget mendengar  Reza nanyain intan, tapi gw mencoba utk bersikap natural. “iya tau, emang kenapa?” gw mencoba menyelidiki. “cieee nanya nanya intan, lu naksir yeee” tiba tiba Diana menyela. Reza Cuma senyum senyum. Dan yang  gw liat dari ekspresi reza dia kayak malu malu mendengar ocehan diana. Gw mulai curiga, berharap apa yang  dipikiran gw salah. “gw suka sama dia, dan gw pengen lu bertiga bantuin gw. gw pengen nembak dia” reza melanjutkan percakapan. Gw kaget denger ucapan reza. Gw  terdiam sejenak, tenyata apa yang gw takukan pun terjadi. “lu kenapa man ?? tanya reza memecah lamunan gw. “eh... gak kok” jawab  gw mencoba menyembunyikan yang gw rasakan. “okok,, gw bakal bantuin lo” jawab gw.
Kita bertiga ngebantuin reza buat deket sama intan, tapi, diantara kita bertiga yang kenal intan Cuma gw, jadi gw yang paling banyak bantuin reza buat deketin dia, solanya gw pernah ikut lomba portofolio bareng intan, jadi sedikit banyaknya gw kenal sama intan. Hanya dalam waktu 3 minggu, gw berhasil deketin Intan dan  reza, dan  katanya  malam ini reza mau nembak intan. Awalnya reza ngajak gw, tapi gw gak mau ikut, karena gw gak bakalan sanggup nahan yang gw rasakan.
Pagi ini baru sampe disekolah dan gw duduk didepan kelas, tiba tiba gw liat Reza datang kesekolah boncengan sama intan. Dan itu artinya tadi malam mereka  udah jadian. Sejak saat itu, reza lebih banyak menghabiskan waktunya bareng intan dari pada bareng kita. Gw berusaha memaklumi itu, namanya juga orang baru jadian. Kebetulan pagi ini guru geografi kita gak masuk dan kitapun gak belajar sampe istirahat jam 9. Kitapun beralih tongkrongan ke pohon beringin. Tapi Cuma gw sama windi, sedangkan Reza asik sama intan yang kayak nya  juga lagi gak belajar, dan diana sibuk bergumul dengan  tugas tugasnya. “rahman..gw ada masalah sama cowok gw, kenapa ya, coowok itu susah  banget ngertiin cewek” ucap windi memulai percakapan. “haha, win, lu  jangan langsung menilai gitu aja, lu liat dulu apa penyebabnya. Gak  juga kali win, terkadang cowok juga butuh diperhatian dari sicewek, dan cowok pengen perhatian dan pengertiannya itu dihargai cewek, mungkin  lu kurang menghargai dia selama ini kali..” gw mencoba ngasih solusi. “iya juga mungkin ya.. gw ikutin  saran lu  dah. Makasih ya man, lu tu  sahabat terbaik gw. oh ya, ntar ajarin gw  tugas matematika ya.” Ucap windi dengan senyum lebar tersungging diwajahnya. “ok ok” ucap gw.
***
Malam ini gw lagi males belajar, soalnya tadi fullday school dan besok jumat, jadi gak fullday dan tugaspun  gak ada, jadi malam ini gw  Cuma melongo depan  tv. “rahman, dari tadi mama liat kamu Cuma nonton aja,kapan  belajarnya. Kamu jangan malas malas gini dong, biaya sekolah  mahal dan kamu sekolah Cuma main  main doang. Kamu liat tu diana, belajarnya rajin, juara kelas, menang lomba ini itu. Nah kamu apa, gak ada satupun. Seharusnya kamu contoh diana” nyokap gw marah marah. Yah kayak gini lah gw kalo dirumah, selalu kena marah, padahal gw  gak sering nonton tv lama lama. Gw paling gak suka dibanding  bandingin sama orang lain, dan sudah  jadi kebiasaan  nyokap gw selalu  ngebanding bandingin  gw sama diana. Gw pengen marah, tapi itu nyokap gw, jadi gw lebih milih diam dan masuk kamar. Gw gak bisa nahan lagi, gw pengen  marah. Kenapa nyokap gw selalu banding  bandingin gw. diantar gw  dan 3 sahabat gw, gw terkenal paling ceria, dan tapi dibalik tawa dan keceriaan gw, terdapat 1001 kesedihan dan masalah.
Tapi, malam ini gw gak sanggup lagi nahan semua ini, gw butuh seseorang untuk berkeluh kesah. Gw coba sms dan telfon diana, dia lagi sibuk belajar. Windi nomornya gak aktif. Dan sireza gw sms gak dibales, gw telfon gak diangkat, mungkin dia lagi sibuk pacaran. Kadang gw bertanya, kenapa  sih,  saat gw butuh semua orang menghilang. Makanya gw jarang cerita masalah gw, karena pas gw lagi  butuh, pasti sahabat gw sendiripun gak pernah ada.
Pagi ini gw datang kesekolah dengan setumpuk masalah diotak gw, gw udah gak kuat lagi, gw pengen keluarin semuanya. Gw gak tahan terus terusan diginiin sama sahabat gw sendiri, saat mereka butuh, gw dicari layaknya emas, tapi saat gak dibutuhin, gw dibuang kayak sampah. Mereka Cuma tau senangnya gw, tapi mereka gak pernah mau tau sedih gw. orang yang gw anggap  sahabat ternyata malah ada saat  mereka butuh.
“rahman kekantin yok” ucap reza. “gak ah  gw males” ucap gw sambil pergi  ninggalin reza. “selamat pagi rahman ganteng” ucap windi dengan cengengesan. Gw Cuma lewat tanpa memperdulikan windi. “lu kenapa man” ucap windi sambil mengiringi gw. “gak apa apa” ucap gw sambil terus  berjalan. “lu yakin gak apa apa man” ucap windi. Gw menghentikan langkah gw “eh.. lu tuli ya, kan gw udah bilang gak apa apa. Udah gak usah sok perhatian lu” bentak gw, dan pergi ninggalin windi yang kaget dengan yang gw lontarkan.
Sesampainnya dikelas gw duduk dikursi gw, tak berselang waktu yang lama diana datang menghampiri gw. “rahman, gw nemu buku bagus kemaren diperpus” ucap diana sambil menyodorkan sebuah buku kearah gw. gw dorong buku yang disodorkan diana hingga jatuh, dan gw masih tetap dalam diam.
Setelah shalat jumat dimasjid dekat sekolah gw, gw pun duduk sendiri dibawah pohon beringin yang biasa tempat gw, reza,diana sama windi nongkrong. Tiba tiba berbarengan reza, windi sama diana datang. gw beranjak untuk pergi, tapi reza menahan gw. “rahman.. lu kenapa sih, kenapa lu kayak gini ke kita.??lu kalo ada masalah cerita ke kita man, kita bakal bantuinlu kok” ucap reza.
“apa, !! bantuin lu bilang. Gak  salah denger gw. sejak kapan lu semua peduli sama masalah gw.” ucap gw ketus. “man, lu kok ngomongnya gitu. Kita semua sahabat lu, masalah lu jadi masalah  kita juga man” jawab diana. “enak ya bacot lu ngomong, lu semua Cuma tau senang gw doang, tapi lu gak pernah tau banyak kesedihan dan masalah yang gw simpan selama ini, kenapa ? karena gak ada satupun dari kalian yang hadir saat gw butuh” ucap gw dengan nada tinggi.
“man,kita selalu ada kapan pun buat lu” ucap windi. “selalu ada lu bilang, kemaren kemaren gw butuh lu lu kemana ?? terakhir gw lagi drop, gw sms dan telfon lu, tapi nomor lu gak aktif, baru kali itu nomor lu gak aktif, biasanya aktif mulu.” Ucap gw.
“ya ampun rahman, Cuma gara gara itu lu segitu marahnya sama kita.” Ucap reza. “Cuma lu bilang.. eh apa harus gw bilang semuanya, biar lu pada nyadar. Ok kalo itu mau lu semua. EH ...lu reza, lu udah ngerebut kebahagiaan gw tau gak lu. Intan.. cewek lu,,gw suka sama dia, tapi apa... lu yang dapaetin dia. Dan lu gak pernah taukan perasaan gw.” ucap gw. “kalo emang lu suka kenapa lu bantuin gw” jawab reza.
“kenapa?? Karena gw mikirin perasaan lu, karena lu gw anggap sahabat gw, gw rela berkorban buat sahabat gw, bahkan tiap hari gw harus mengubur perasaan ini. Tau gak lo. Sakit rasanya. Tapi apa, gw ngorbanin perasaan gw demi lu, tapi saat gw butuh lu, lu kemana ?? lu gak pernah peduliin gw. lu sibuk sama intan. Sampe sampe lu lupa sahabat lu.” Ucap gw dengan nada tinggi dan air mata yang mulai menetes. Rezapun terdiam mendengar semua yang gw ucapin.
“lu windi,,  lu cari cari gw saat lu butuh gw, semua curhatan lu gw dengerin, masalah lu gw bantu selesai in. Apapun yang lu minta, gw bantuin. tapi lu ngilang saat gw butuhin. Kemana aja lu.??? Ucap gw dengan keras dan air mata yang terus bercucuran.
“lu diana, gw tau lu pintar, lu bisa segalanya. Tiap hari gw selalu dibanding bandingin sama lu. Gw muak tau gak, gw emang bukan apa apa, ortu gw lebih sayang lu dari gw. puas lu udah ambil kebahagiaan gw. dan lu sama aja kayak yang lain, gak pernah ada saat gw butuh. Puas lu semua udah ngambil kebahagiaan gw, udah ngambil semua yang gw punya, dan udah puas lu manfaatin gw. gw ngorbanin semuanya demi lu, tapi lu semua ngebuang gw kayak sampah, lu gak pernah ngertiin gw dan  lu gak pernah menghargai pengorbanan gw. ini yang lu namain sahabat.” Ucap gw dengan air mata yang mengalir makin deras. Reza, windi dan diana juga menangis mendengar semua yang gw lontarin, entah itu  menyadari kebenaran kata kata gw entah  apa. Gw sama sekali udah gak peduli mereka.
“rahman, kita semua minta maaf, kita tau kita salah, tapi kenapa lu semarah  ini sama kita man. Kita sahabatan udah lama, dan gw gak pernah  liat lu semarah ini. Please maafin kita rahman.” Ucap reza, sedangkan windi dan diana Cuma nangis terisak isak. “udah telat, lu gak usah mintak maaf, gak ada gunanya, lagian gw udah anggap lu semua gak pernah ada dalam hidup gw” jawab gw sambil pergi meninggalkan mereka. “rahman..... tungguu” teriak windi. Gw sama sekali gak peduli. Gw pacu motor gw secepat mungkin, semua perasaan bercampur aduk didalam otak gw, marah, sedih, kecewa. Dan air mata terus mengalir dengan derasnya. Hingga, tanpa gw sadari sebuah mobil keluar dari persimpangan dan gw berusaha menghindari, tapi gw tak cukup gesit, motor yang gw bawa menabrak pembatas jalan dan gw terpelanting dari motor gw. tubuh gw sakit, gw gak bisa apa apa, untuk berteriak minta tolongpun gw gak sanggup, penglihatan gw buram, gw hanya melihat orang berkerumun. Diantara sadar dan tidak, gw merasakan orang orang mencoba menolong gw, gw dibawa ambulance kerumah sakit. Gw gak mampu bergerak, entah seperti apa keadaan tubuh gw, yang pasti gw gak bisa menggerakkan tubuh gw, yang bisa gw lakukan hanya bernafas dan menyebut nama allah disetiap helaan nafas gw. gw bisa ngerasain, kalo waktu gw udah abis. Gw bisa rasain, utusan allah akan datang menjemput gw. tak ada yang lain yang gw pikir dan ucapkan selain nama allah. Dan pada akhirnya utusan allah itupun tiba, menghampiri gw.
THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar