9 April 2015

AIR UNTUK MUSAFIR



AIR UNTUK MUSAFIR
Presented By : Ibnu Sani Marlius



Hai... kenalin, nama gw fadli. Gw seorang mahasiswa semester 6 disalah satu universitas dikota gw. jurusan gw ilmu komunikasi. Awalnya sih gw seorang yang baik, rajin dan yang pasti taat agama. Tapi, kehidupan gw berubah 180 derajat setelah gw mengalami sebuah peristiwa yang sangat menyedihkan dan bikin gw tertekan pada saat gw masih kuliah ditahun ke 2. Hingga hari ini pun gw masih trauma banget sama masa lalu gw ini. Dan ini lah yang bikin hidup gw berubah sepenuhnya. Gw yang dulu baik, berubah menjadi jahat, mungkin lebih. Gw yang dulu rajin, berubah jadi pemalas. Dan bahkan gw yang dulu taat agama, sekarang gw gak ingat lagi, kapan terakhir kali gw shalat, entah kapan terakhir kali gw baca Al-quran. Hidup gw sekarang tak ubahnya seperti setan. Hanya penuh dengan kejahatan, hura hura, pokoknya semua yang menurut gw bisa bikin gw senang. Dunia malam adalah dunia gw, narkoba bisa dikatakan sebagai nafas gw, gw yang dulu hobi banget minum teh gelas, sekarang minum minuman keras. Dan buat gw itu menyenangkan. Kehidupan gw saat ini bikin gw lupa sama trauma masa lalu gw.
Mungkin lu bingung, apa sebenarnya yang gw alami sampai segitu parahnya kehidupan gw sekarang. Dulu, ketika gw masih kuliah ditahun kedua, gw sempat akan diberhentikan kuliah oleh orang tua gw hanya karena IP gw rendah. Tapi gw gak mau menerima keputusan itu, dan bikin gw ngamuk habis habisan dirumah. Hingga gw bentak bentak orang tua gw. dan pada saat itu tak satupun yang berada dipihak gw, sampai abang gw yang pertama melayangkan sebongkah tinju kemuka gw yang cukup membuat hidung dan bibir gw berdarah. Gw gak terima diperlakukan seperti itu, pada saat itu gw benar benar dikuasaai setan sehingga tak ada satupun yang bisa membendung emosi gw. dengan  penuh emosi, dua buah vas bunga dari keramik gw lemparkan kearah abang gw dan tepat mengenai kepalanya. Hingga akhirnya dua vas bunga ini lah yang merenggut nyawa abang gw, karena pendarahan diotak nya.
Sejak saat itu semua keluarga gw membenci gw dan bahkan kedua orang tua gw bilang kalau gw bukan anaknya lagi, dan mereka jugalah yang mengusir gw dari rumah. Sejak kejadian itu gw gak pernah lagi pulang kerumah, dan bahkan gw gak pernah  tau keadaan keluarga gw. pernah  suatu saat gw pulang kerumah dan berharap orang tua gw sudah memaafkan gw, tapi gw salah, orang tua gw malah melempar gw menggunakan batu bata saat gw berdiri didepan rumah. Dan sampai sekarang gw gak pernah pulang lagi, dan biaya gw kuliah hanya dari penghasilan gw yang gak seberapa.
Bisa dikatakan saat ini gw adalah seorang berandalan yang berstatus mahasiswa. Salah satu yang menjadi hobi gw saat ini adalah berpacaran dan jadi selingkuhan tante tante kaya yang bisa gw manfaatin buat memenuhi semua kebutuhan hidup gw. termasuk bayar kuliah gw. meskipun hidup gw penuh dengan narkoba dan minuman keras, tapi pergaulan bebas adalah sesuatu yang  paling gw hindari.
“bro.. gw udah kere nih, uang kos udah numpuk 3 bulan. Cari mangsa yok” ujar Randi sambil memecah lamunan gw. “eh.. yang kemaren lu kemana in ??mintak sama dia aja” jawab gw dengan nada santai. “yaelah broo, yang  kemaren mah gak kaya kaya amat, gw mau cari yang baru aja, yang duitnya lebih banyak” ujar Randi sambil melempar sepotong bantal kearah gw. “terserah lu aja dah  bro, gw mah aman hahaha.” Timpal gw sambil beranjak ke kamar mandi. Yah begitulah,, Randi merupakan teman yang gw kenal lebih kurang 4 bulan lalu di sebuah klub malam yang ternyata hidupnya  lebih ancur dari gw, dan sejak kenal sama dia gw lebih enjoy lagi, karena nasib kita sama.
Pagi ini gw sama Randi dengan keadaan mabuk tengah mengendarai motor  pulang dari club malam. Jalanan yang masih sepi cukup bikin semangat kita terpacu buat ugal ugalan dijalan. Sampai akhirnya disebuah persimpangan kita nyaris nabrak seorang gadis yang mau nyebrang jalan. Untung tu gadis Cuma lecet sikut sama dengkulnya doang. “eh  lu kalo nyebrang tu pakek mata dong” hardik gw. “maaf, tapi saya sekedar mengingatkan, bawa motor yang hati hati” ucap gadis itu dengan nada lemah lembut dan menundukkan pandangannya. Setelah gw perhatikan dengan seksama ternyata gadis itu juga merupakan mahasiswa dikampus gw yang belakangan gw kenal namanya Intan dari jurusan hukum. Intan adalah seorang gadis cerdas dan sholehah. Kebaikan dan keramahannya pun terkenal dikalangan kampus gw. bahkan ia juga merupakan mahasiswa berprestasi dan pernah diikut sertakan dalam pertukaran pemuda antar negara ke korea selatan. Tapi gw tidak terlalu suka dengan sikap dan penampilannya. Memang dia punya wajah yang cantik, tapi menurut gw wajah cantik nya itu gak ada gunanya kalo penampilannya udik plus katro. “eh,, udah jelas jelas lu yang salah pakek sok sok ingatin orang lu” bentak Randi. “udah ah, cewek kayak gini mah  gak usah diladenin, buang buang waktu doang” ucap ku sambil kembali menjalankan sepeda motor yang  kami duduki.
Sesampainya dikos, entah datang dari mana ide itu, tiba tiba saja Randi ngajak gw taruhan. “eh bro.. kalo gw liat liat tu cewek cantik juga ya” ucap Randi sambil menghempaskan tubuhnya ke kasur. “iya sih tu cewek cantik, tapi lu liat aja gaya nya.. norak, udik, kampungan” celoteh gw sambil ngotak atik Hp gw. “lu kenal sama tu cewek” tanya Randi. “kenal gak sih, tapi gw tau tu cewek. Kenapa lu nanya  gitu??” gw mencoba menyelidiki alasan Randi menanyakan hal itu. “kita taruhan yok, kalo lu bisa dapetin tu cewek dalam waktu 2 bulan, gw yang bayar uang kos lu selama 6 bulan ?? gimana, berani gak lu?” tantang Randi. “gak ah.. males gw. ngapain coba gw deketin tu cewek udik” dengan nada malas gw menjawab pertanyaan Randi. “alaaahhh bilang aja lu gak berani, cemen lu kampret. Hahhahhah” ejek Randi. Ejekan ini cukup bikin gw panas. “kampret lu. Okeh kalo gitu, gw ladenin tantangan lu. Lu liat aja. Dalam waaktu 2 bulan tu cewek bertekuk lutut dihadapan gw” gw meladeni tantangan si Randi. “okeh.. gw tunggu. Pegang kata kata lu” celoteh Randi dengan nada senang.
Tanpa terasa waktu 1 bulanpun berlalu. Gw lumayan akrab dengan intan. Dan intan pun sangat amat welcome dan mau bersahabat dengan gw, meskipun dia tau kalo gw pernah hampir mencelakakan dia. Ada banyak hal yang gw dapat dari Intan. Meskipun gw baru mengenalnya selama 1 bulan, tapi gw ngerasa gw udah kenal lama sama dia. Gw nyaman banget berada dekat dia. Dan bahkan baru 1 bulan gw kenal sama intan, dia udah bawa perubahan besar dalam hidup gw, dia ajarin gw shalat, dia ajarin gw ngaji dan hal hal lain tentang agama yang selama ini gw tinggalin. Tapi intan gak pernah tau kehidupan  gw sebenarnya. Dan gw berniat ingin  mengatakan  yang sebenarnya kebidupan gw pada intan.
“Fadli, ke masjid yok. Udah adzan zuhur ni” ucap Intan sambi menutup buku buku yang sedang kami pelajari diperpustakaan kampus. Meskipun kami tidak sejurusan, Intan  dengan iklas mau bantuin gw belajar. “iya ntan. Nanti abis zuhur  ada sesuatu yang mau aku biacarain sama kamu” balas gw sambil menyimpan buku buku yang berserakan dimeja. “oh. Okok..” balas Intan  dengan senyum manis tersungging diwajahnya.
Setelah mendirikan shalat zuhur dimasjid kamipun  kembali ke perpustakaan. “fadli, katanya tadi kamu mau ngomong. Mau ngomong apa??” ucap intan mengusir keheningan. “oh iya. Aku mau bilang sesuatu  sama kamu tentang kehidupanku yang sesungguhnya. Tapi aku takut, kalau kamu gak mau lagi mengenal aku karena ini” ucap ku dengan ragu dan cemas. “fadli...... kalo kamu mau cerita, cerita aja, aku pasti mendengarkan dengan baik, dan kalo aku bisa bantu pasti aku bantu. Kamu percaya sama aku fadli.... apapun itu sebagai sesama manusai kita harus saling tolong menolong, dan apapun yang akan kamu ceritakan, aku  janji gak bakal jauhin kamu..” ucap Intan mencoba memberikan kepercayaan.
gw rasa, gw benar benar jatuh cinta sama Intan. Orang yang gw nilai udik, katro, kampungan dan lain lain, ternyata dia lah yang bikin gw jatuh hati, dengan ke sholeha-an dia, kebaikan nya, keramahan  nya dan sikap sikapanya yang menyejukkan hati setiap lelaki.
Setelah mendengar peryataan intan yang selalu mensupport gw, gw pun menceritakan kehidupan gw yang sesungguhnya dan berharap Intan gak bakal menjauhi gw. dan ternyata, apa yang gw harapkanpun terjadi, intan malahan nasehatin gw, dan memotivasi gw untuk berubah. “fadli,, aku paham apa yang kamu rasakan, tapi kamu jangan berlarut larut dengan kesedihan masa lalu. Hidupmu masih panjang, masih  banyak hal hal yang bisa kamu lakukan selain menangisi masa lalu. Yang berlalu biar lah berlalu, dan sekarang kamu haruss fokus untuk masa depanmu, ubah masa lalu  mu  dangan masa depan yang cerah. Jadikan masa lalu sebagai cermin untuk memperbaiki diri dimasa  depan. Fadli.. this not the end of your life. Open your mind, open your heart. And I will stand beside you. And allah always with us” ucap Intan  memotifasi gw. mendengar kata kata yang dilontarkan  Intan, tanpa gw sadari butiran air mata mengalir dipipi gw. beribu penyesalan hadir dibenak gw, tapi belum terlambat untuk menyesal, karena masih ada waktu untuk memperbaiki.
Sejak saat itu,  hidup gw benar benar berubah. Kehadiran Intan bagaikan hujan yang turun ditengah terik mentari, bagaikan cahaya ditengah kegelapan dan seperti air ditengah gurun. Sejak itu, gw gak pernah lagi mengenal dunia malam, diskotik, minuman keras, narkoba dan menjadi selingkuhan tante tante kaya. Dan gw juga udah pindah kos, dan jauh dari Randi, orang yang membawaa pengaruh buruk buat gw. dan beberapa hari yang lalu gw untuk pertama kalinya pulang kerumah, setelah  beberapa tahun gak pernah pulang. Dengan beruraian air mata, gw berlutut dihadapan kedua orang tua gw meminta maaf atas semua kesalahan yang gw buat. Gw cuci kaki kedua orang tua gw sebagai bentuk tanda bakti gw kepada mereka, sambil memohon agar mereka memaafkan anak mereka ini. Dengan ridho dan kuasa allah, tak ada yang tak mungkin, sebenci apapun orang tua pada anaknya, pasti jauh didalam lubuk hati mereka, mereka sangat mencintai buah hati mereka. Orang tua gw pun memaafkan gw, betapa bahagianya perasaan gw. Hidup gw kini benar benar damai. intan adalah manusia berhati malaikat yang diutus allah untuk selalu membimbing setiap langkah gw.
Allah tidak pernah tidur, allah akan memberi apa yang hambaNya butuhkan, bukan apa yang hambaNya inginkan. Dan allah memberi, lewat orang, dan jalur yang tidak pernah kita kira.
*THE END*

3 komentar: