15 Mei 2016

CONTOH PANDUAN MATA KULIAH YANG DIAMBIL

Jurusan : Administrasi Pendidikan
No  Kode  Matakuliah
SKS
Sem
Jml  T  P  L
1). Matakuliah Umum
A. Wajib
1  UNP042  Pancasila  2  2  0  0  3
2  UNP003  Pendidikan Kewarganegaraan  2  2  0  0  3
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
55
No  Kode  Matakuliah
SKS
Sem
Jml  T  P  L
3  UNP004  Bahasa Indonesia  2  2  0  0  1
4  UNP030  Pendidikan Agama  3  3  0  0  1
Jumlah SKS  9  9  0  0  
B. Pilih 2 dari 6 SKS
1  UNP005  Bahasa Inggris  2  2  0  0  4
2  UNP028  Ilmu Sosial dan Budaya Dasar  2  2  0  0  4
3  UNP029  Ilmu Kealaman Dasar  2  2  0  0  4
Jumlah SKS  6  6  0  0  
2). Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK)
A. Wajib
1  UNP148  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan  3  3  0  0  1
2  UNP149  Psikologi Pendidikan  3  3  0  0  2
3  UNP150  Filsafat Pendidikan  2  2  0  0  3
4  UNP151  Bimbingan dan Konseling  2  2  0  0  5
5  UNP152  Administrasi dan Supervisi
Pendidikan
2  2  0  0  6
Jumlah SKS  12  12  0  0  
3). Matakuliah Bidang Keahlian (MKBK)
A. Wajib
1  AIP106  Manajemen Kurikulum  3  2  1  0  3
2  AIP108  Manajemen Sumber Daya
Manusia
3  2  1  0  2
3  AIP109  Manajemen Sarana dan
Prasarana
3  2  1  0  2
4  AIP110  Manajemen Keuangan  3  2  1  0  2
5  AIP112  Manajemen Peserta Didik  3  2  1  0  2
6  AIP116  Komunikasi Organisasi  3  2  1  0  1
7  AIP201  Filsafat Dan Teori Manajemen  3  3  0  0  1
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
56
No  Kode  Matakuliah
SKS
Sem
Jml  T  P  L
8  AIP204  Psikologi Manajemen  3  2  1  0  3
9  AIP205  Sosiologi Pendidikan  2  2  0  0  1
10  AIP207  Manajemen Kantor dan
Ketatausahaan
6  2  4  0  2
11  AIP718  Dasar dasar Pengembangan
Organisasi
3  2  1  0  3
12  AIP719  Pengawasan dan Supervisi
Pendidikan
5  2  3  0  4
13  AIP720  Kepemimpinan  4  2  2  0  4
14  AIP721  Sistem Informasi Manajemen  3  1  2  0  4
15  AIP729  Manajemen Layanan Khusus
Pendidikan
4  2  2  0  5
16  AIP730  Analisis Kebijakan dan
Pengambilan Keputusan
4  2  2  0  6
17  AIP733  Manajemen Satuan Pendidikan  2  2  0  0  6
18  AIP734  Seminar Manajemen  4  0  4  0  6
19  AIP739  Public Relation  2  1  1  0  3
20  AIP741  Perencanaan Pendidikan I  3  2  1  0  3
21  AIP742  Perencanaan Pendidikan II  3  2  1  0  5
22  AIP743  Praktek Lapangan
Manajemen/Administrasi
Pendidikan I
4  0  0  4  7
23  AIP744  Praktek Lapangan
Manajemen/Administrasi
Pendidikan II
4  0  0  4  7
Jumlah SKS  77  39  30  8  
4). Matakuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP)
A. Wajib
1  AIP722  Evaluasi Pembelajaran  3  1  2  0  4
2  AIP723  Strategi Pembelajaran  3  2  1  0  4
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
57
No  Kode  Matakuliah
SKS
Sem
Jml  T  P  L
3  AIP728  Perencanaan Pembelajaran  3  2  1  0  5
4  AIP731  Pembinaan Keterampilan
Mengajar
4  1  3  0  6
Jumlah SKS  13  6  7  0  
5). Matakuliah Pengembangan Pendidikan (MKPP)
A. Wajib
1  AIP143  Komputer II  2  1  1  0  2
2  AIP202  Penulisan Karya Ilmiah  3  1  2  0  1
3  AIP203  Komputer I  3  1  2  0  1
4  AIP208  Kewirausahaan  3  2  1  0  6
5  AIP724  Manajemen Mutu Terpadu  2  2  0  0  4
6  AIP725  Manajemen Diklat  5  2  3  0  5
7  AIP727  Bahasa Inggris Administrasi
Pendidikan
3  2  1  0  3
8  AIP732  Manajemen Proyek  2  2  0  0  6
9  AIP740  Metodologi Penelitian dan
Pengolahan Data
6  2  4  0  5
Jumlah SKS  29  15  14  0  
B. Pilih satu dari dua mata kuliah
1  AIP737  Tugas Akhir  4  0  0  4  8
2  UNP013  Skripsi  6  0  0  6  8
Jumlah SKS  10  0  0  10
UNP003   Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS
Memberikan pengertian tentang pendidikan kewiraan yang
mencakup Wawasan Nusantara, kelangsungan hidup bangsa melalui
TANAS, pengembangan pengertian POLSTRA HANKAMNEG, dan
pembahasan tentang sistem HANKAMRATA
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
58
UNP004   Bahasa Indonesia 2 SKS
Membina dan mengembangkan keterampilan menggunakan Bahasa
Indonesia  sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan. Aksentuasi
perkuliahan pada keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan
benar baik lisan maupun tertulis dalam karangan ilmiah, dan surat
menyurat, dengan memahami struktur kalimat, pengembangan
paragraf, membuat paragraf, membuat komentar, membuat
kesimpulan dan resensi
UNP030   Pendidikan Agama 3 SKS
Terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap
rasional dan dinamis berpandangan luas, serta menghargai kerja sama
antar umat beragama dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu,
teknologi dan seni untuk kepentingan nasional
UNP005   Bahasa Inggris 2 SKS
Membina dan mengembangkan kemampuan membaca buku-  buku
teks dalam bidang studi dan bidang kependidikan yang berbahasa
Inggris
UNP042   Dasar-dasar Ilmu Pendidikan 3 SKS
Pengkajian dan pemahaman tentang hakikat ilmu pendidikan,
landasan dan azas pendidikan, pentingnya makna ilmu pendidikan,
pendidik, dan tujuan pendidikan serta pelaksanaan praktik-praktik
pendidikan yang sesuai dengan tuntutan budaya dan masyarakat
UNP149 Psikologi Pendidikan 3 SKS
Kajian tentang penerapan konsep-konsep psikologi dalam proses
pembelajaran khususnya, pendidikan umumnya, dengan materi
meliputi teori dan konsep psikologi, konsep belajar dan pembelajaran
serta tinjauan masalah pembelajaran berdasarkan kajian psikologi.
UNP150   Filsafat Pendidikan 2 SKS
Pengkajian dan pemahaman tentang hakekat ilmu, pendidikan, aliran-
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
59
aliran dalam filsafat, hakikat manusia, berfikir kreatif dan kaitan
antara filsafat pendidikan dengan budaya
UNP151   Bimbingan dan Konseling 2 SKS
Kajian tentang konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling;
meliputi pengertian, latar belakang, tujuan, fungsi, prinsip dan asas
bimbingan dan konseling (BK). Pemah  aman tentang konsep-konsep
dasar BK tersebut terkait dengan peran personil sekolah (kepala
sekolah, pengawas sekolah, guru dan wali kelas) dalam
penyelenggaraan kegiatan BK, dalam upaya membantu
perkembangan siswa secara optimal.
UNP152   Administrasi dan Supervisi Pendidikan 2 SKS
Memiliki wawasan tentang profesi pendidik, konsep, proses, dan
ruang lingkup administrasi dan supervisi pendidikan, serta
kepemimpinan pendidikan dan mampu mengaplikasikannya dalam
pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan secara
professional
AIP106   Manajemen Kurikulum 3 SKS
Membahas tentang konsep dasar manajemen kurikulum (pengertian,
komponen, fungsi, prinsip pengembangan kurikulum) dan proses
pengelolaan  kurikulum yang meliputi perencanaan kurikulum dan
perencanaan pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan dan evaluasi
kurikulum. Latihan penyusunan perencanaan pelaksanaan kurikulum.
AIP108   Manajemen Sumber Daya Manusia 3 SKS
Membahas tetang konsep dasar manajemen SDM, fungsi managerial
dan operasional/proses Manajemen SDM ( perecanaan, pengadaaan,
penempatan, pembinaan dan pengembangan, kompensasi, pelayanan
kesejahteraan, penilaian kinerja serta pemberhentian dan pension)
secara teoritis, praksis, dan berlatih menggunakan instrument-instrumen manajemen SDM.
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
60
AIP109   Manajemen Sarana dan Prasarana 3 SKS
Membahas tentang konsep dasar manajemen sarana dan prasarana
atau sarpras (pengertian, fungsi, jenis, sistem pengelolaan sarpras),
kegiatan-kegiatan dalam manajemen sarpras (analisis dan
penyusunan rencana kebutuhan, pengadaan, penyimpanan,
penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penghapusan dan
pengawasan sarpras) serta latihan penyusunan rencana kebutuhan
sarpras dan menyusun daftar inventarisasi sarpras.
AIP110   Manajemen Keuangan 3 SKS
Membahas tentang konsep-konsep pengelolaan keuangan pemerintah
yang dialokasikan untuk kegiatan pendidikan yang meliputi
perencanaan atau perumusan anggaran, pemanfaatan, penatausahaan,
pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan, pengenalan sistem
Badan Layanan Umum, serta memberikan pengalaman melalui
pelatihan terhadap pengelola keuangan yang berkaitan dengan tata
cara merumuskan anggaran, pencatatan, pembelanjaan, mekanisme
pencairan anggaran, membuat realisasi dan pelaporan keuangan
dalam sebuah satuan pendidikan.
AIP112   Manajemen Peserta Didik 3 SKS
Membahas tentang latar belakang, ruang lingkup manajemen peserta
didik, perencanaan, penerimaan dan orientasi peserta didik baru,
manajemen program bimbingan dan penyuluhan, pengaturan disiplin
dan tata tertib sekolah, pengelompokan, pencatatan data, penguatan
pendidikan karakter, pembinaan kegiatan kesiswaan, mutasi dan
kelulusan peserta didik.
AIP116   Komunikasi Organisasi 3 SKS
Membahas konsep dasar, komponen, proses, model, prinsip dan jenis
komunikasi organisasi serta latihan komunikasi interpersonal
AIP201   Filsafat Dan Teori Manajemen 3 SKS
Membahas tentang hakekat, tujuan, prinsip, dan penerapan teori-teori
administrasi pendidikan.
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
61
AIP204   Psikologi Manajemen 3 SKS
Membahas pengertian, tujuan dan aplikasi teori-teori psikologi
manajemen dalam pengelolaan pendidikan
AIP205   Sosiologi Pendidikan 2 SKS
Membahas konsep dasar, prinsip, aspek nilai, norma, dan etika,
interaksi sosial, masalah-masalah sosial, budaya dan kerjasama
dalam organisasi, serta peran sosiologi dalam pembangunan
AIP207   Manajemen Kantor dan Ketatausahaan 6 SKS
Membahas tentang teori manajemen perkantoran dan ketatausahaan
dalam ruang lingkup pengelolaan pendidikan yang meliputi peranan
dan kewajiban manajemen kantor, organisasi kantor, komunikasi
kantor, tata ruang kantor, korespondensi dan penataan arsip,
perlengkapan kantor, sekretaris dan kantor, pemanfaatan teknologi
informasi dalam manajemen perkantoran,  tata kerja, prosedur dan
sistem kerja, keselamatan dan kesehatan kerja, konsep dasar
ketatausahaan, fungsi dan peranan ketatausahaan, tugas-tugas
ketatausahaan serta pelatihan mengenai pengelolaan kantor dan
praktik ketatausahaan.
AIP718   Dasar dasar Pengembangan Organisasi 3 SKS
Mata kuliah Pengembangan Organisasi (PO) merupakan salah satu
mata kuliah wajib yang diikuti mahasiswa Administrasi Pendidikan
FIP UNP yang termasuk ke dalam mata kuliah wajib. Mata kuliah
dasar-dasar pengembangan organisasi,  memberikan pengalaman
belajar kepada mahasiswa bahwa dengan memiliki konsep dasar-dasar pengembangan organisasi, teori organisasi, perubahan dan
pengembangan organisasi, tingkah laku organisasi, efektivitas
organisasi, faktor pendukung dan penghambat pengembangan
organisasi, peran agen perubahan pengembangan organisasi,
mengatasi kecendrungan menolak perubahan dan arah
pengembangan organisasi sekolah masa depan.
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
62
AIP719   Pengawasan dan Supervisi Pendidikan 5 SKS
Membahas pengertian, tujuan, prinsip, proses, teknik, masalah-masalah pengawasan dan supervisi pendidikan serta latihan
menyusun program dan instrumen pengawasan dan supervisi
pendidikan
AIP720   Kepemimpinan 4 SKS
Membahas konsep dasar, syarat-syarat kepemimpinan, keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam kepemimpinan, fungsi -fungsi
dan peranan kepemimpinan, prinsip-prinsip kepemimpinan, teori dan
gaya kepemimpinan, kepemimpinan Panca Sila, kekuasaan dan
kewibawaan, cara mempengaruhi, kepemimpinan kepala sekolah,
dan peningkatan kualitas kepemimpinan, serta berlatih menerapkan
teknik memimpin dalam kelompok.
AIP721   Sistem Informasi Manajemen 3 SKS
Membahas tentang konsep dasar, peranan, manfaat SIM dalam
kegiatan manajemen pendidikan dan pengambilan keputusan,
perkembangan teknologi informasi di era globalisasi, penciptaan,
pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan SIM, serta latihan
menggunakan SIM pada lembaga tertentu, praktek mencari dan
mengolah data untuk manajemen pendidikan.
AIP729   Manajemen Layanan Khusus Pendidikan 4 SKS
Membahas tentang konsep-konsep dan kegiatan-kegiatan dalam
manajemen layanan khusus seperti manajemen pustaka,
laboratorium, asrama, kafetaria, koperasi, transportasi dan UKS.
AIP730   Analisis Kebijakan dan Pengambilan Keputusan 4 SKS
Membahas tentang analisis kebijakan dan pengambilan keputusan
yang meliputi pengertian, latar belakang, faktor-faktor pengambilan
kebijakan dan pengambilan keputusan serta proses
pengembangannya; serta latihan menganalisis kebijakan dan
pengambilan keputusan pendidikan
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
63
AIP733   Manajemen Satuan Pendidikan 2 SKS
Membahas pengertian manajemen satuan pendidikan, tujuan, fungsi
manajemen pendidikan, jenis satuan dan aplikasi fungsi-fungsi
manajemen pendidikan tersebut dalam praktik pengelolaan
pendidikan. Semua teori, fungsi manajemen mulai dari penciptan
filosofi organisasi, visi, misi, rencana strategis dipraktikan oleh
mahasiswa agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang hal itu.
AIP734   Seminar Manajemen 4 SKS
Membahas tata cara seminar dan berlatih  mengelola seminar dalam
rangka membahas masalah-masalah dalam manajemen pendidikan
AIP739   Public Relation 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar public relation,
hubungan public relation dengan fungsi manajemen, lingkup public
relation  di lembaga pendidikan ( Internal dan exsternal public
relation), kedudukan dan strategi public relation, pola komunikasi
public relation di lembaga pendidikan, Proses operational public
relation, program kerja dan aktivitas public relation, Marketing PR
dan Social PR serta hakekat keprotokolan di lembaga pendidikan.
AIP741   Perencanaan Pendidikan I 3 SKS
Membahas tentang konsep dasar perencanaan dan perencanaan
pendidikan, karakteristik, prinsip , proses, jenis, pendekatan dan
teknik-teknik perencanaan.
AIP742   Perencanaan Pendidikan II 3 SKS
Membahas metodologi yang digunakan dalam menerapkan
pendekatan dan proses perencanaan pendidikan pada tingkat
nasional, regional dan institusional, serta berlatih menyusun rencana
pendidikan.
AIP743   Praktek Lapangan Manajemen/Administrasi Pendidikan I 4 SKS
Praktek pelaksanaan manajemen pada lembaga-lembaga perkantoran
baik kantor pengelola pendidikan maupun non pendidikan, yang
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
64
dilaksanakan selama dua bulan kerja.
AIP744   Praktek Lapangan Manajemen/Administrasi Pendidikan II 4 SKS
Praktek pelaksanaan manajemen pendidikan pada lembaga atau
satuan penyelenggara pendidikan, yang dilaksanakan selama satu
semester.
AIP722   Evaluasi Pembelajaran 3 SKS
Membahas konsep dasar evaluasi pembelajaran,  pembuatan alat ukur
tes dan non tes, pendekatan penilaian, dan latihan pelaksanaan
evaluasi serta analisis instrumen evaluasi
AIP723   Strategi Pembelajaran 3 SKS
Membahas tentang konsep strategi pembelajaran, komponen-komponen strategi pembelajaran,  berbagai metode mengajar,
pendekatan pembelajaran tradisional dan modern, media
pembelajaran, pengelolaan kelas dan merancang strategi
pembelajaran untuk suatu kegiatan pembelajaran.
AIP728   Perencanaan Pembelajaran 3 SKS
Membahas tentang pengertian, tujuan, ruang lingkup, prinsip dan
teknik perencanaan pembelajaran, serta latihan pembuatan
perencanaan pembelajaran
AIP731   Pembinaan Keterampilan Mengajar 4 SKS
Membahas tentang konsep pengajaran dalam bentuk kecil (Micro
Teaching), ketrampilan-keterampilan mengajar, meliputi
keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan,
bertanya, memberikan penguatan variasi dalam mengajar, mengelola
kelas dan mengelola kelompok kecil dan perorangan serta
mempraktekan keterampilan mengajar secara terisolasi dan
terintegrasi.
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
65
AIP143   Komputer II 2 SKS
Pemantapan kemampuan penguasan aplikasi komputer untuk
pengelolaan pendidikan yang mencakup aplikasi; perkantoran;
databased, dan pengolahan data.
AIP202   Penulisan Karya Ilmiah 3 SKS
Membahas  pengertian, tujuan, syarat dan teknik penulisan karya
ilmiah, serta latihan membuat karya ilmiah
AIP203   Komputer I 3 SKS
Pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak serta fungsinya,
system operasi pemrosesan data untuk keperluan surat menyurat d an
dokumentasi kantor, penghitungan sederhana dengan memanfaat
fungsi-fungsi statistic, serta desain presentasi untuk menunjang
praktik-praktik pendidikan.
AIP208   Kewirausahaan 3 SKS
Membahas hakekat, peranan dan kiat-kiat berwirausaha sebagai sikap
mandiri
AIP724   Manajemen Mutu Terpadu 2 SKS
Membahas pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, dan teknik Manajemen
Mutu Terpadu, memberikan pemahaman tentang perencanaan,
pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi dalam Manajemen Mutu
Terpadu serta latihan menyusun program Manajemen Mutu Terpadu
AIP725   Manajemen Diklat 5 SKS
Membahas konsep manajemen diklat dalam meningkatkan
kompetensi personil kependidikan melalui kajian konsep pelatihan,
proses pelatihan, rancangan dan fasilitas pelatihan, konsep
pembelajaran, orientasi dan pelatihan personil, efektivitas pelatihan,
teknik pembelajaran yang efektif, penyiapan bahan pembelajaran,
praktek pengorganisasian pelatihan, pengevaluasian pelatihan, serta
observasi pelaksanaan pelatihan.
Buku Pedoman Akademik FIP UNP Tahun 2014
66
AIP727   Bahasa Inggris Administrasi Pendidikan 3 SKS
Membina dan mengembangkan keterampilan menggunakan Bahasa
Inggris untuk mendukung kegiatan administrasi pendidikan
AIP732   Manajemen Proyek 2 SKS
Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen dan manajemen
proyek, perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan, serta
penyelesaian proyek, Juga membahas keterkaitan pengelolaan proyek
dengan peraturan & perundang-undangan pengadaan barang barang
dan jasa pemerintah. Disamping membahas konsep-konsep
manajamen proyek  yang efektif, pelaksanaan perkuliahan dilengkapi
dengan observasi lapangan.
AIP740   Metodologi Penelitian dan Pengolahan Data 6 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, ciri-ciri
penelitian ilmiah, pendekatan penelitian, jenis-jenis penelitian,
metode dan prosedur penelitian ilmiah, instrumen penelitian dan
penyusunannya, penyusunan rencana penelitian, Jenis data serta
teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial
berdasarkan jenis penelitian.
AIP737   Tugas Akhir 4 SKS
Wajib bagi mahasiswa untuk mengambilnya yang bersifat individual
studies dan didasarkan atas observasi suatu phenomena diungkapkan
secara sistematis dan analisis dalam bentuk laporan. Mata kuliah ini
merupakan atvesment terakhir yang mengutamakan univifikasi
pengetahuan, keterampilan dan sosok diri mahasiswa yang
melukiskan keahliannya
UNP013   Skripsi 6 SKS
Penulisan hasil penelitian, dengan menggunakan langkah-langkah
metode ilmiah. Kemampuan ini sangat diperlukan bagi mereka yang
akan melanjutkan ke program yang lebih tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar