24 September 2020

Konsep Dasar Analisis Kebijakan

    Sebuah organisasi adalah wadah bagi beroperasinya manajemen. Di sini
aktivitas manajemen menjadi salah satu subsistem dari sistem organisasi. Manajemen
menjadi tehnik atau alat yang menggerakkan organisasi menuju tercapainya tujuan
yang diinginkan. Dalam konteks tugas manajer, pengambilan keputusan merupakan
salah satu peranan manajer yang disebut peranan desisional (winardi, 1990). Dalam
menentukan tindakan manajerial seorang manajer di tuntut untuk berani mengambil
keputusan baik atas pertimbangan individu dengan kewenangannya sebagai
pimpinan, maupun kaputusan dari hasil musyawarah dengan memperhatikan
pemikiran, perasaan atau masukan dari anggota organisasi.
    Pembuatan (pengambilan) keputusan adalah bagian kunci kegiatan manajer.
Kegiatan ini memainkan peranan penting, terutama bila manajer melaksanakan fungsi
perencanaan. Perencanaan menyangkut keputusan-keputusan sangat penting dan
jangka panjang yang dapat di buat manajer. Dalam proses perencanaan, manajer
memutuskan tujuan-tujuan organisasi yang akan dicapai, sumber daya yang akan
digunakan, dan siapa yang akan melaksanakan setiap tugas yang dibutuhkan. Seluruh
proses perencanaan itu melibatkan manajer dalam serangkaian situasi pembuatan
keputusan. Kualitas keputusan-keputusan manajer akan menentukan efektivitas
rencana yang disusun.
    Pembuatan keputusan (decision making) menggambarkan proses melalui
mana serangkaian kegiatan dipilih sebagai penyelesaian suatu masalah tertentu.
George P. Huber membedakan pembuatan keputusan dari pembuatan pilihan (chocise
making) dan dari pemecahan masalah (problem solving).

silakan klik di sini untuk lebih lengkapanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar